Info  

Puncak Fenomina Gerhana Bulan Total, Bisa Dilihat Tanpa Menggunakan Alat

Bertepatan pada hari Rabu (26/05/2021) Sekitar Pukul 17:30 Wib Fenomena Gerhana bulan total Terlihat oleh warga sampang dan sekitarnya,

R Jamroni, Sub Koordinator Pengumpulan dan Penyebaran Data, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) membeberkan terkait waktu kemunculan Gerhana Bulan Total.

“Pada jam 18.46 WIB di wilayah barat indonesia, 19.46 WITA di wilayah Tengah Indonesia, dan jam 20.46 WIT di wilayah Timur,” ungkap Jamroni seperti dikutip dari Tribunnews.

Baca juga :  MTQ Ke-30 Tingkat Kabupaten, Kecamatan Jrengik Berhasil Boyong 6 Penghargaan

Sedangkan proses gerhana totalnya, sejak awal fase total (U2), puncak total hingga akhir fase total (U3) akan berlangsung selama 18 menit 44 detik.
“Gerhana Bulan Total ini dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman disaksikan oleh masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana,” ujar dia.

Baca juga :  Wisuda ke-1 STIEBA PAMEKASAN Rayakan Kelulusan 53 Mahasiswa

Sedangkan pada saat puncak gerhananya, Rahmat mengatakan bahwa di sebagian besar wilayah Indonesia posisi Bulan dekat dengan horizon di bagian Timur sehingga memungkinkan pengamat untuk dapat mengabadikan kejadian gerhana ini dengan latar depan bangunan yang bersejarah atau ikonis.

Baca juga :  Ajak Masyarakat Sisihkan Rizki, Bupati Sampang Launching Aplikasi BAZNAS

Rahmat menambahkan, BMKG akan melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 di lokasi-lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan menggunakan teleskop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?