Info  

Antisipasi Peyebaran Covid, Mahasiswa UIM Buat Hand sanitizer Alami

PAMEKASAN, Kabar-harian.com- Mahasiswa Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan, yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) 2021, Membuat Hand sanitizer dengan cara sederhana atau alami, di Desa Pademawu Barat, Kabupaten Pamekasan, Minggu (09/09/2021).

“Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan lakukan pembagian masker dan pembuatan Hand Sanitizer alami, guna mencegah penularan Virus Covid-19″,

Covid – 19 saat ini menjadi permasalahan dunia yang serius dengan jumlah kasus yang selalu mengalami peningkatan dan sudah dikategorikan sebagai pandemi global. Virus corona ini menyerang setiap orang tanpa memandang usia maupun jenis kelamin.

“Pencegahan penularan covid – 19 dapat dilakukan dengan menerapkan gerakan 5 M protokol kesehatan yang meliputi: memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi”.

Baca juga :  Akhirnya Petani Terseyum, Harga Tembakau Di Sampang Stabil

Sesuai tema yang diangkat mahasiswi PKL Prodi D III Kebidanan UIM tahun 2021 yaitu tentang upaya pencegahan penularan covid – 19 di masyarakat, maka lingkup kegiatan yang nantinya dilaksanakan mahasiswi kebidanan berkaitan tentang cara pencegahan penularan covid -19, hal ini juga telah disampaikan oleh Yayuk Eliyana, M.Keb selaku DPL pada kegiatan.

Vivin endira syafi’e ketua kelompok PKL Prodi DIII kebidanan Menyampaikan, UIM telah berkontribusi secara nyata dalam upaya pencegahan penularan virus covid 19 yaitu dengan melakukan penyuluhan tentang cara pembuatan hand sanitizer secara alami serta melakukan kegiatan bagi – bagi masker kepada masyarakat,Tutur Vivin

Baca juga :  Dump Truck Bermuatan Pasir Terguling Di Pamekasan

“Kegiatan bagi – bagi masker dilakukan pada tanggal 27 agustus 2021 di acara pengajian Dasawisma di Dusun Asampitu Desa Pademawu barat di kediaman ibu Aisyah selaku Kader di Dusun Asampitu”.

Mahasiswi juga berinisiatif dalam hal pembuatan hand sanitizer secara alami dengan melibatkan para kader dari 7 dusun yang ada di Desa Pademawu barat yaitu kader Dusun Karang Dhalam, Asampitu, Paninggin, Kertek, Mungsapada, Darma, Tegal Sari. Dalam Pembuatan handsanitiser ini mahasiswi PKL memanfaatkan bahan-bahan yang ada di pekarangan rumah syaitu aloevera (lidah buaya), air rebusan daun kemangi dan alkohol 70%.


Baca juga :  Asah Kemampuan, GMNI Sampang Gelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Dan Jurnalistik

Upaya yang di lakukan oleh mahasiswa PKL membuahkan hasil dengan mendapat respon baik serta mendapat apresiasi yang baik dari Kepala Desa Pademawu Barat, A. Yusuf ihwani dan Ahmad Jazuli selaku sekretaris Desa Pademawu Barat

“saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang telah di lakukan oleh mahasiswa kami, dimana hal ini pasti akan sangat berguna bagi masyarakat di masa pandemi covid-19” ujar Layla Imroatu Zulaikha M,Kes. Selaku Ketua Prodi DIII kebidanan Universitas Islam Madura.Ungkapnya (Ila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?