Info  

Mahasiswa UTM Ciptakan Makanan Bergisi, Untuk mengurangi Gizi Buruk Anak


BANGKALAN, Kabar-harian.com- Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, mahasiswa program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini tahun 2018 yang didampingi oleh Ibu Dias Putri Yuniar, M.Pd. Mengadakan pelatihan pengolahan jagung untuk ibu-ibu yang mempunyai anak berstatus gizi buruk. Pelatihan ini digagas untuk memanfaatkan potensi sumber saya lokal berupa jagung untuk diolah menjadi pudding yang lezat.


Pelatihan ini bertempat di rumah salah satu ibu yang mempunyai anak berstatus gizi buruk yaitu dirumah ibu Siti Haniyeh. Dan pelatihan ini dilaksanakan pada Selain mendemonstrasikan langkah-langkah pembuatan pudding, mahasiswa juga menjelaskan manfaat-manfaat jagung yang baik untuk dikonsumsi tubuh.

Baca juga :  DPC Ormas MKGR Kabupaten Sampang Hadiri Musda IX Ormas MKGR Jatim Periode 2021-2025


Salah satu mahasiswa menjelaskan manfaat dari jagung itu sendiri “Jagung memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Jagung dapat mencegah anemia, karena jagung banyak mengandung Vitamin B1, asamfolat, dan zat besi yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam tubuh. Jagung juga dapat digunakan sebagai pengganti nasi karena merupakan jenis sayuran yang memiliki karbohidrat kompleks. Selain itu, jagung juga dapat digunakan sebagai makanan yang bergizi pada anak.” terang Nur Aida Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura


Lanjut Mifathul Jannah, jagung ini akan diolah menjadi pudding jagung. Olahan jagung ini bisa menjadi asupan gizi tambahan bagi anak-anak yang mengalami anak gizi buruk. Selain bisa membuat gizi anak bertambah, makanan pudding jagung juga banyak disukai oleh anak-anak.
Selain memiliki banyak manfaat, proses pembuatan puding ini mudah bu sehingga bisa dilakukan oleh ibu-ibu. Untuk bahan-bahan yang diperlukan yaitu : jagung manis yang diblender untuk diambil sarinya, susu kental manis, santan, agar-agar tanpa warna, gula secukupnya, tepung maizena secukupnya dan pandan sebagai pengharum.

Baca juga :  Wahai Para Istri!! Hormatilah Suami Mu : Jangan Hanya Mencari Kesalahanya

Semua bahan dicampurkan menjadi satu kedalam air yang sudah mendidik, untuk uktan dan tingkat kemanisannya sendiri sesuai dengan selera masing-masing bu. Papar Herlinda

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Tlanakan Sosialisasi PPKM mikro


Wah, sangat mudah ya cara membuatnya. Ayo langsung kita praktekkan saja untuk pembuatan puding jagungnya. “Tutur Ibu Siti Asma


Dengan diadakannya pelatihan ini mahasiswa MBKM Proyek Kemanusiaan berharap kepada ibu-ibu yang mempunyai anak berstatus gizi buruk untuk membiasakan memberikan makanan yang sehat dan bergizi seperti puding jagung agar gizi anak dapat berkembang secara seimbang.


Terimakasih ya mbak-mbak sudah memberikan pengalaman dan memberikan pengetahuan baru kepada kami. “Tutur Ibu Haniyeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?