Info  

Mahasiswa UTM Ajak Santri Manfaatkan Sampah Sekitar

PAMEKASAN, Kabar-harian.com- Mahasiswa MBKM (proyek kemanusiaan) universitas Trunojoyo Madura melakukan pengabdian masyarakat di pondok pesantren MATSARATUL HUDA panempan, pamekasan, Dalam hal ini Mahasiswa melakukan salah satu kegiatan dengan tema “Membangun karakter santri peduli lingkungan dengan Mengolah sampah organik & Anorganik”. Rabu (05/01/21)

Mahasiswa Kelompok proyek kemanusiaan daerah kabupaten Pamekasan, yang di bimbing oleh Bapak Fikri Nazarullail S.Pd.,M.Pd. selaku dosen PG PAUD UTM. mengajak santri MATSARATUL HUDA PAMEKASAN menjalankan kegiatan dengan memilah Sampah organik dan anorganik dari tanggal Senin 04/10/21 – Sabtu 13/11/21.

“Kegiatan ini di laksanakan dan di harapkan untuk bisa merubah pola Fikir santri tentang sampah yang pada umumnya di anggap tidak bermanfaat ” ucap rofi’ah salah satu anggota kelompok MBKM UTM daerah kabupaten Pamekasan.

Baca juga :  Korban Bunuh Diri Asal Sampang, Berhasil Ditemukan

Dalam kegiatan ini mahasiswa bekerja sama dengan TPS3R (tempat pembuangan sampah sementara) DELTA MULIA PANEMPAN” yang kebetulan juga menjadi tempat pembuangan sampah santri, TPS3R membantu segala kegiatan yang berkaitan dengan sampah dan pengolahan sampah dari mulai troli sampah,

mesin pencacah hingga bioaktivator EM4 & tetes tebu.
Kegiatan pengelolaan sampah di mulai dari pemanfaatan sampah organik dengan di olah menjadi kompos, proses pengomposan lakukan dari Senin 15/11/21 – 18/12/21 di mulai dari pemilahan, pencacahan, hingga penyiraman bioaktivator dengan melibatkan para santri.

Baca juga :  Mayat Tampa Identitas Ditemukan Warga Dibibir Pantai Bira Tengah Sampang

Sampah organik sukses terlaksana menjadi kompos di kemas dan di serahkan kepada ustadzah Masruroh selaku ketua pondok pesantren MATSARATUL HUDA PAMEKASAN.

” pupuk Kompos di serahkan untuk pesantren karena di sini kami membangun konsep, dari santri untuk santri, kompos juga di harapkan bisa menyuburkan tanaman-tanaman yg ada di lingkungan santri” tutur Verlina Tri Harlinda selaku anggota kelompok MBKM UTM daerah kabupaten Pamekasan.

Pada Senin 20 Desember 2021 Mahasiswa melanjutkan Kegiatan dengan memanfaatkan sampah anorganik, sampah anorganik ini di manfaatkan untuk pembuatan POT tanaman.

Baca juga :  Dewan Perwakila Daerah Partai Golkar Gelar Bimtek

Dalam kegiatan ini santri terlihat antusias dalam membuat Pot Tanaman terbukti dari bentuk-bentuk pot yang menarik, Mahasiswa melaksanakan kegiatan penanaman sayuran bersama santri dengan memanfaatkan POT tanaman yg sudah di buat.

“Kami merancang dan melaksanakan kegiatan ini tentu tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan tetapi untuk kesehatan para santri. “Kami berpendapat bahwa santri membutuhkan asupan vitamin yang lebih, dengan menanam sayuran di lingkungan santri, di harapkan dapat di manfaatkan untuk kesehatan para santri” Tutur. Taniatul Hasanah (Ef/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?