5 Cara untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Peserta panduan suara lomba yang digelar oleh PAC IPNU Tlanakan Pamekasan

Mata harus selalu bekerja bahkan saat kita bersenang-senang dan hiburan, sehingga mata perlu disayangi dan dirawat agar tetap sehat.

Mata kering, kelelahan, kemerahan, terbakar, sulit berkonsentrasi, penglihatan terbatas, penglihatan kabur, kepekaan terhadap cahaya… adalah gejala umum pada kebanyakan orang, terutama orang muda. Disebabkan karena begadang, mata terlalu banyak menyesuaikan diri saat menggunakan perangkat elektronik, sering bekerja dan membaca di tempat yang remang-remang, tidak memperhatikan pola makan yang kaya vitamin dan nutrisi penting.

Berikut 5 cara sederhana yang bisa dilakukan setiap hari untuk mengatasi kondisi tersebut dan menjaga kesehatan mata.

Pijat mata

Pijat mata membantu meningkatkan sirkulasi darah ke mata, merangsang kelenjar air mata, melemaskan otot-otot di sekitar mata, mengurangi kekeringan dan kelelahan.

Setelah setiap jam bekerja di depan komputer, Anda harus berhenti sejenak untuk memijat mata Anda dengan meletakkan tangan Anda di kelopak mata Anda dan dengan lembut menggosoknya secara melingkar selama 10 hingga 20 detik. Mempraktikkan kebiasaan ini secara teratur dapat membatasi kelelahan mata.

Baca juga :  Inilah 5 Manfaat Air kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh

Gunakan perangkat elektronik dan baca buku di tempat yang cukup terang

Membaca atau menggunakan perangkat elektronik dalam kegelapan menyebabkan mata lebih cepat menyesuaikan diri, sehingga cepat lelah dan kabur, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Karena itu, Anda harus membaca buku atau menggunakan ponsel atau menonton TV di tempat yang cukup terang. Pada saat yang sama, sesuaikan kecerahan layar ponsel ke tingkat sedang, tidak terlalu gelap atau terlalu terang untuk melindungi mata Anda.

Istirahat yang cukup

Anda harus membiasakan tidur lebih awal dan cukup tidur sekitar 7-8 jam sehari. Kurang tidur atau kurang tidur dapat menyebabkan penurunan daya ingat, lesu, sulit berkonsentrasi, terutama mata kering dan lelah. Selain itu, Anda perlu membatasi penggunaan teh atau kopi di malam hari agar tidak memengaruhi tidur.

baca juga ; Lensa Kontak yang Populer Saat ini

Latihan untuk mata

Senam mata juga merupakan cara untuk membantu menjaga penglihatan dan mengatasi kelelahan mata setelah seharian penuh stres belajar dan bekerja.

Baca juga :  HUT Ke-46 Dan Launching Rawat Jalan Eksekutif RSMZ

Cara satu: tutup mata rapat-rapat sehingga kelopak mata menyatu, lalu buka mata dan berkedip beberapa kali, ulangi gerakan ini satu atau dua kali lagi.

Cara kedua: pegang pensil lurus di depan hidung Anda dan kemudian gerakkan pena perlahan ke arah hidung Anda, teruskan mata Anda pada pensil sampai Anda tidak bisa fokus lagi. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Pertahankan nutrisi yang cukup

Diet harus memastikan kecukupan vitamin (A, B, C, E …) dan mineral (seng, Na, Mg, K, …) untuk menjaga kesehatan mata. Makanan seperti wortel, mentimun, pepaya, ikan, telur, susu… tidak hanya membantu meningkatkan penglihatan tetapi juga membantu mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Selain itu, Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung vitamin dan mineral esensial setiap hari. Nutrisi ini akan langsung diserap melalui kornea untuk melengkapi nutrisi bagi mata, membantu meningkatkan kemampuan mengatur mata, sehingga membantu memperbaiki gangguan penglihatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?