Info  

Karomah Syaikhona Kholil Masa Penjajahan Belanda

Masjid Syaikhona holil Bangkalan Madura Jawa Timur

KABAR-HARIAN.COM – Syaikhona Kholil atau juga dikenal dengan sebutan Mbah kholil Bangkalan, Madura, Jawa Timur, merupakan Seorang Ulama Karismatik dan dikenal Waliyullah yang sangat mashur di semua kalangan masyarakat.

Mbah Kholil adalah Putra Kh Abdul Latif, beliau lahir di Daerah Kemayoran, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, pada hari Ahad 11 Jumadil Akhir 1235 H atau 1820 M.

Mbah Kholil Wafat pada usia 105 tahun pada tanggal 29 Bulan Ramadhan, Tahun 1341 H atau 14 Mei 1923 M.

Dari silsilah keturunan, Mbah Kholil bin Kyai Abdul Latief bin Kyai Hamid bin Kyai Abdul Karim bin Abdul Aziz bin dan sampai ke Syekh Ja’far Shodiq (Sunan Kudus) dari jalur Sunan Kudus adalah generasi ke 37 dari Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Baca juga :  LBH Ansor Lumajang Akhirnya Membuka Posko Pengaduan PKH

Sedangkan dari jalur Raden Rahmat (Sunan Ampel) beliau adalah generasi ke-34 dari Rosulullah dan dari jalur Syekh Ainul Yaqin (Sunan Giri) beliau generasi ke-34 daro Rosulullah serta dari jalur Raden Syarif Hidaytullah (Sunan Gunung Jati)beliau adalah generasi ke 32 dari Rosulullah.

Tak hanya itu, Mbah Kholil Bangkalan semasa hidupnya hingga wafat, beliau menjadi Patokan kealaimannya, tak jarang masyarakat berdatangan ke Pasarean Mbah Kholil Bangkalan sekedar ngalab Barokah.

Disisi lain Mbah Kholil Bangkalan adalah gurunya para ulama-ulama besar di seluruh Indonesia, termasuk Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno pernah berguru kepada Mbah Kholil Bangkalan.

Perjuangan Mbah Kholil Melawan Penjajah Belanda…

Baca juga :  Sosialisasi Pemberian Vaksin Kovid-19 di Sampang

Kisah hidup Mbah Kholil Bangkalan, tak lepas dari ancaman Belanda, seperti kita tahu Belanda ingin menguasai Negara Indonesia.

Dalam melawan Belanda, Mbah Kholil memiliki caranya sendiri yakni dengan mendidik para Santrinya untuk selalu ta’at kepada Agama dan Berbakti kepada nusa dan bangsa.

Terbukti banyak pemimpin ummat yang lahir dari tangan Mbah kholil, salah satunya Kh.Hasyim Asy’ari Jombang pendiri Nahdlatul Ulama Indonesia.

Selain itu, Mbah Kholil saat melakukan perlawanan terhadap Belanda, sering kali mengisi ilmu kekuatan batin dan tenaga dalam kepada Para Pejuang Indonesia.

Berikut Kisah Karomah Mbah Kholil Bangkalan ketika di tangkap Penjajah Belanda…

Suatu hari Mbah Kholil Bangkalan di tangkap Belanda dan di penjara karena melindungi para pahlawan Indonesia di Pondok Pesantrenya.

Baca juga :  Giat Pos Pam Menjelang Natal 2020 dan tahun Baru 2021 Kapolres Sampang

Dengan Karomah yang di miliki Mbah Kholil Bangkalan, Belanda malah bikin Pusing, karena ada kejadian-kejadian aneh yang tak bisa Belanda.

Seperti pintu penjara tidak bisa di kunci,sehingga pihak Belanda menjaga penuh agar tahanan tak mekarikan diri penjara.

Kemudian di hari-hari berikutnya, orang-orang berdatangan untuk menjenguk dan memberikan makanan kepada Mbah Kholil Bangkalan, bahkan banyak minta untuk ditahan bersamanya.

Tak tahan dan dibikin bingung akhirnya Belanda dan sekutunya merelakan Mbah Kholil Bangkalan untuk di bebaskan. (Wallahu’allam).

Berbagai Sumber

Penulis : Jamaluddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?