Bupati Sampang : Hanya Bermodalkan KTP Masyarakat Bisa Berobat Gratis

Penyerahan program UHC di Pendopo Bupati Sampang

SAMPANG, Kabar-harian.com – Pemerintah Kabupaten Sampang, memberikan kabar gembira bagi masyarakat dengan adanya Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta, Jumat (19/8/2022).

Launching UHC digelar Di Pendopo Trunojoyo Sampang, Turut Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang, Forkopimda Kabupaten Sampang, Kepala Dinkes dan KB, Direktur Rumah Sakit dr. Muhammad Zyn, Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Kab. Sampang, Ketua DWP Sampang dan sejumlah Tenaga Kesehatan dalam launching UHC ini.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan semua penduduk atau paling sedikit 95% dari seluruh penduduk telah terdaftar sebagai Peserta Program JKN dan memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan baik promotif, prenventif, kuratif dan rehabilitasi bermutu dengan biaya terjangkau.

Baca juga :  Bupati Sampang, Terima Penghargaan SAKIP Dari Menpan-RB

Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D, AAK mengaku kagum saat pertama kali datang ke Kabupaten Sampang,

Pasalnya, saat ini perkembangan pesat yang terjadi sangat meningkat.

“Ini pertama kalinya ke Sampang, ternyata perkembangannya luar biasa dibawah kepemimpinan Bapak Bupati dan Forkopimda semuanya , kemajuannya sangat clear dan jelas, ” Ucapanya.

Pihaknya memuji pencapaian Kabupaten Sampang di bidang kesehatan, salah satunya pencapaian tentang BPJS, pasalnya belum sampai pada penghujung tahun, capaian BPJS Kesehatan di Kabupaten Sampang hampir mencapai angka sempurna.

“Target BPJS Kesehatan secara nasional tahun ini bisa mencapai 98 %, di Sampang sudah cukup tinggi, lebih dari 97,52%, kurang lebih 23.000 lagi menuju 100% bukan masalah yang besar bagi Kabupaten Sampang,” ujarnya.

Baca juga :  Pemkab Sampang Terima Penghargaan dari Kantor Imigrasi Pamekasan

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengungkapkan kesehatan merupakan salah satu program prioritasnya untuk menyejahterakan masyarakat Sampang, oleh karenanya Ia mengusahakan Kabupaten Sampang mendapatkan program UHC.

“Ini adalah bentuk komitmen kami, bila ada keperluan masyarakat kami yang mendesak maka kami utamakan, salah satunya melalui program UHC ini, dari 4 Kabupaten di Madura, hanya Kabupaten Sampang yang berhasil mendapatkan UHC, ” ungkapnya.

Ia menambahkan, Program UHC ini sebagai upaya untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat Sampang yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara gratis dan mudah dengan menunjukkan KTP domisili Sampang.

Baca juga :  Bupati Permudah Layanan Imigrasi Bagi Masyarakat Sampang

“Dengan adanya Program UHC ini saya pastikan, masyarakat kami yang memiliki E-KTP Sampang, berobat dimanapun di Indonesia gratis,” tandasnya.

Sementara Menurut Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menyampaikan Dengan adanya Program UHC, Masyarak bisa berobat dimadapun berada, hanya bermodalkan KTP.

“Masyarakat Sampang, bisa brobat dengan Gratis, hanya bermodalkan KTP saja, Sudah ada yang memproses”,

Perlu diketahui bahwa ada 13 kabupaten Se-Jawa Timur, yang sudah Tersentuh program UHC diantaranya Se madura hanya Kabupaten Sampang, Pungkasnya. (Ahmed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?