Mahasiswa Unissula Asal Sampang, Wakili Indonesia PBB Di Roma

Photo: Diskominfo Sampang

SAMPANG, Kabar-harian.com – Siti Aisyah Amini Seorang Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Asal Sampang, menjadi satu-satunya delegasi Indonesia dalam KTT Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB, Minggu (28/8/2022).

Hal itu mendapat apresiasi dari Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi bersama Forkopimda, sekaligus melepas keberangkatan Siti Aisyah Amini, untuk mengikuti konferensi PBB di Roma, pada 31 Agustus sampai 4 September 2022, yang berlangsung di Pendopo Trunojoyo.

Siti Aisya Amini merupakan Finalis Duta Wisata Kacong Jebbing, Kabupaten Sampang 2021 tersebut akan menyuarakan aspirasi kaum muda Indonesia, khususnya anak nelayan dengan konsep Digital Fisheries.

Konsep Digital Fisheries menurutnya harus digalakkan di sektor perikanan mulai dari penangkapan, produksi, hingga pemasarannya agar para anak nelayan melihat potensi dan peluang untuk meneruskan profesi yang mendukung ketahanan pangan tersebut.

Baca juga :  Pembalap Asal Madura, Juara 3 di Asia Road Racing Championship Thailand.

“Kita ingin anak nelayan jika ditanya bercita-cita apa jawabannya dengan tegas hendak meneruskan profesi tersebut, ini menjadi PR kita bersama karena seiring berkembangnya waktu angka profesi nelayan semakin berkurang,” ujarnya.

Faktor yang menyebabkan menurunnya minat masyarakat untuk meneruskan profesi tersebut karena sistem penangkapan ikan yang masih menggunakan sistem tradisional.

“Jika dari proses penangkapan, produksi dan pemasaran sudah modern, bukan tidak mungkin banyak anak muda yang akan menjadi nelayan juga untuk mendukung ketahanan pangan,” tegasnya.

Baca juga :  Anies Baswedan Minta Dukungan Kepada Masyrakat Madura

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengaku bangga dengan prestasi mahasiswa asal Kota Bahari yang dipercaya dan diundang mewakili Indonesia di forum PBB.

Aba Idi berharap Siti Aisyah Amini membawa nama baik bangsa dan negara serta jejaknya dapat diikuti oleh Pemuda-Pemudi Sampang lainnya.

“Bawa nama baik Sampang, Madura dan Indonesia di Internasional, Siti Aisyah Amini menjadi bukti jika putra daerah kita bisa berprestasi dan dilirik oleh kalangan Internasional,” ucapnya.

Selain mendapat akomodasi dan transportasi gratis dari PBB, sebagai bentuk apresiasi Bupati Sampang memberikan uang saku sebesar 700 dollar kepada Siti Aisyah Amini, Pungkasnya.(Ahmed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?