Info  

LBH Lentera Keadilan Sampang, Sosialisasi Peraturan Terhadap Panwascam

LBH Lentera Keadilan, Sosialisasi peraturan terhadap panwascam se Kabupaten sampang

SAMPANG, Kabar-harian.com – Sosialisasi dan implementasi peraturan dan non peraturan terhadap para Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Sampang, berlangsung di Aula Hotel Camplong, Sampang, Rabu (7/12/2022).

Kegiatan yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang ditengah tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lentera Keadilan Sampang, Ahmad Bahri mengatakan bahwa, materi yang disampaikan, dirinya lebih menekankan terhadap pemahaman Panwascam yang baru terpilih dalam seleksi sebelumnya untuk lebih menguasai persoalan pelanggaran.

Baca juga :  Antisipasi Sebaran Covid, Polsek Lakukan KRYD Di Depan Hotel Camplong

Menurutnya ada tiga point yang menjadi pokok pemahaman yang harus diketahui sebelum menjalankan tugas Panwascam, diantaranya pelanggaran administrasi, kode etik, dan pelanggaran sengketa.

“Untuk pelanggaran sengketa ini lebih mengarah kepada mengatasi masalah di lapangan, seperti persoalan dalam perolehan suara dan sejenisnya,” terangnya.

Di tempat yang sama Ketua Bawaslu Sampang Inisiatun menyampaikan jika sosialisasi dan implementasi peraturan dan non peraturan harus diikuti oleh Panwascam guna menambah wawasan sekaligus mendukung dalam kinerjanya sebab akan banyak persoalan yang akan dihadapi saat Pemilu nanti.

Baca juga :  H. Slamet Junaidi Resmi Lantik 7 Kepala OPD Sampang

Sehingga, tugas Panwascam tidak hanya mengetahui satu peraturan saja, melainkan masih banyak peraturan sesuai Undang-Undang yang harus dikuasai, contoh kecilnya durasi pemasangan banner saat masa kampanye dan sebagainya.

“Jadi peserta yang mengikuti sosialisasi tidak boleh izin, apapun alasannya, kami harap Panwascam mengikuti sosialisasi hingga selesai,” tegasnya. (Ahmed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?