Jalan Halim Perdana Kusuma Sampang, Diresmikan Oleh Bupati

Keterangan photo : Bupati dan Wabub Sampang Saat meresmikan jalan lingkar Selatan (JLS), yang diberi Nama Jalan Halim Perdana Kusuma, (dok: Kabar-harian.com)

Kabar-harian.com, Sampang – Jalan lingkar selatan (JLS) yang diberi Nama Jalan Halim Perdanakusuma dibangun untuk memperluas akses ekonomi daerah dan memperlancar arus transportasi angkutan barang, Selasa (31/1/2023).

Kepala DPUPR Sampang Ir Mohammad ZIS menyampaikan bahwa JLS saat ini dinamakan Jalan Halim Perdanakusuma tersebut dibangun sepanjang 7,4 kilometer membentang ke arah barat laut dengan lebar jalan 12 meter, termasuk jembatan layang dengan ketinggian maksimal 10 meter.

“Jalan Halim Perdanakusuma dibangun dilengkapi dengan lima jembatan dan melintasi tiga desa dan satu kelurahan, yaitu Desa Aeng Sareh, Kelurahan Karang Dalam Kota Sampang, Desa Patarongan, Desa Pangongsean Kecamatan Torjun.”

Baca juga :  Audensi PWI Sampang, Diduga Diabaikan oleh KPU

Sementara, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menjelaskan bahwa proses study kelayakan (FS) dilakukan sejak tahun 2007, kemudian di tahun 2012 dilakukan pembebasan lahan sebagian, barulah di tahun 2019 seluruh pembebasan lahan bisa dituntaskan.

“Jalan Lingkar Selatan yang saat ini dinamakan Jalan Halim Perdanakusuma dibangun sebagai pengembangan wilayah perkotaan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” ungkapnya Aba Idi.

Baca juga :  554 CHJ Sampang Ikuti Pembekalan, Pj Bupati Titip Do'a Untuk Sampang

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan latar belakang nama jalan tersebut dikarenakan sejak dulu hingga sekarang sosok Pahlawan Nasional Halim Perdanakusuma belum diabadikan di Kabupaten Sampang.

“Jalan ini dinamakan Halim Perdanakusuma untuk menghargai Pahlawan Nasional asli Kabupaten Sampang, jika di daerah lain sudah banyak diabadikan sebagai nama Jalan dan sebagainya maka sudah seyogyanya kita wajib melakukan hal tersebut,” tuturnya.(Ahmed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?