Berbagai Cara Dilakukan Petani Untuk Mengelabuhi Burung Pipit

Tanaman padi warga yang diberikan pernak pernik yang terbuat dari plastik untuk mengelabuhi burung pipit, (3/2/2023) dok :Kabar-harian.com.

Kabar-harian.com, Sampang – Burung pipit adalah sekelompok burung pemakan biji-bijian yang menyebar di wilayah tropis Dunia.

Bertepatan pada musim tanam padi tahun ini, sehingga masyarakat melakukan berbagai cara untuk mengelabuhi burung pipit, untuk menghasilkan hasil gabah sesuai harapan.

Seperti yang dilakukan oleh Abd Karim salah satu petani di Desa Batukarang, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura. melakukan berbagai cara seperti memberi pernak pernik plastik di atas tanamannya.

Baca juga :  Tak Ada Regenerasi, Profesi Bajak Sapi di Sampang Terancam Punah.

“Ia mas saya melakukan cara ini demi mengelabuhi burung pipit yang memakannya,” tutur petani tersebut, Jumat (3/2/2023).

Semoga dengan cara ini burung-burung tersebut takut akan pernak pernik plastik yang sudah di pasang.

“Jika di biarkan begitu saja mas hal hasil panin saya akan rusak, sehingga hasilnya tidak memuaskan,” tutur Abd Karim.

Tak hanya itu, Abd Mukti petani asal Desa Rabasan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, juga mengatakan hal yang sama juga memasang plastik yang bisa mengusir burung pipit.

Baca juga :  Tips Agar Pohon jagung Tidak Mudah Roboh Sebelum Waktunya Panen.

“Jika tidak melakukan ini justru saya tidak mampu untuk menjaganya dari pagi hingga sore, karena masih bayak lagi yang akan dilakukan saya seperti, ngambil rumput utuk memberi makan ternak,” ucapnya Abd Mukti.

“Dengan cara ini burung tersebut Alhamdulillah mulai takut untuk memakannya, dan semuga cara ini berhasil mengelabuhi burung-burung tersebut,” ungkapnya. (Ahmed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?