Info  

Pasokan Listrik Madura Terganggu, PLN Operasikan 99 Unit Genset

Tim Teknis PLN saat melakukan perbaikan arus listrik yang sempat terganggu di wilayah madura, (dok: tim Pln)

Kabar-harian.com, Pamekasan – Pasokan listrik untuk wilayah madura sedikit terganggu mulai Kamis 3/1/2023 kemaren.

Sehingga Perusahaan Listrik Negara (PLN) Melakukan berbagai trobosan dilakukan demi kenyamanan penggunaan listrik khususnya di Madura seperti; Bangkalan , Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Selain investigasi Berlangsung Hingga Dini Hari, PLN Mulai Sisir Titik Lokasi Gangguan Untuk Perbaikan dan untuk layanan sementara, PLN akan operasikan 99 unit genset mobile dengan total kapasitas 10,6 MVA.

Tim teknis PLN yang sedang mengerjakan aliran listrik yang mengalami gangguana.

Manajer PLN UP3 Pamekasan, Feri Asmoro, menyampaikan melalui pres rilisnya bahwa sejak kemarin (03/02) mulai pukul 16.30 WIB hingga pagi ini telah dilakukan pengaturan pasokan listrik secara bertahap dengan pengaturan daya listrik yang padam antara 20 – 100 MW dan bergiliran per 3 (tiga) jam. Pelanggan yang terdampak oleh gangguan teknis ini sebanyak 342.595 atau 32% dari total 1.059.523 pelanggan di Pulau Madura.

Baca juga :  Seorang Pengendara Motor di Sampang Tewas Usai Mengalami Laka Di Jrengik

“Seluruh unit PLN berkolaborasi, mulai dari unit di Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Bali mengirimkan genset agar masyarakat Madura tetap dapat menikmati listrik di tengah pemulihan gangguan. Unit-unit tersebut, ditambah subholding PLN Nusantara Power juga bahu membahu mengirimkan lampu emergency untuk masyarakat Madura,” tuturnya Feri.

PLN memprioritaskan penyediaan listrik di fasilitas publik dan pelayanan umum seperti Rumah Sakit, Kantor Polisi, Kodim, Rumah Ibadah dan sarana umum lainnya.

Baca juga :  Korban Erupsi Semeru, Pulang Dan Memperbaiki Rumahnya

“Kami berupaya agar penyebab gangguan dapat segera ditemukan dan diperbaiki secepatnya. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan mohon doa serta dukungan agar pasokan listrik dapat segera pulih kembali,” ungkapnya menajer PLN ULP3 Pamrkasan.

Terkait jadwal pengaturan padam, Feri menyampaikan telah berkoordinasi dan menginformasikan secara update kepada masyarakat dan stakeholders agar dapat dipahami bersama.

”Kami aktif mengupdate dan melaporkan rencana manajemen beban untuk pengaturan layanan listrik di Pulau Madura kami sampaikan melalui media sosial PLN, What’s App (WA) maupun melalui media radio”, pungkas Feri Minggu (5/2/2023).

Baca juga :  Pelaksanaan Akad Nikah Di Sampang, Selama PPKM Jawa-Bali Tertunda

Perlu diketahui, bahwa PT PLN (Persero) berhasil mendeteksi gangguan kelistrikan Madura melalui High Votage (HV) Test oleh regu petugas PLN pada pukul 02.29 WIB dini hari tadi. Hasil tersebut menunjukkan terdapat indikasi gangguan pada salah satu kabel fasa. Gangguan ini yang menyebabkan pasokan listrik untuk pulau Madura berkurang.

Lebih lanjut, bila masyarakat melihat adanya potensi gangguan listrik, dapat melaporkan langsung kepada PLN melalui Fitur Pengaduan di aplikasi PLN Mobile, bisa di akses di Aplikasi Play Store di Masing-masing Pengguna Android atau lainya, pungkasnya. (Ahmed/Red)

Kabar Harian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?