Pertama kali Launching di Madura, Bupati Sampang Raih penghargaan UHC Award

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat terima penghargaan UHC dari Kementrian RI dok : prokopim Pemkab

Kabar-harian.com, Sampang – Universal Health Coverage (UHC) Pertama kali di launching pada 19 Agustus 2022 yang lalu di kabupaten Sampang, akhirnya mendapat penghargaan dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan juga kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia termasuk Kabupaten Sampang. sebagai bentuk penghargaan atas upaya optimalisasi penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

H. Slamet Junaidi Bupati Sampang menyampaikan, bahwa capaian ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi agar Kabupaten Sampang bisa terus menorehkan prestasinya.

Pihaknya menjelaskan bahwa program UHC merupakan cakupan kepesertaan program JKN untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Baca juga :  Kecamatan Jrengik Raih Juara 2 Kategori Berseri Tingkat Kabupaten

“Capaian yang tinggi ini merupakan wujud nyata komitmen dari Jajaran Pemkab Sampang untuk hadir memberikan proteksi kesehatan bagi para penduduknya,” tuturnya.

Salah satu poin yang membuat Kabupaten Sampang masuk dalam kategori penerima UHC Award karena kerja sama Pemerintah Daerah dengan BPJS Kesehatan untuk mengintegrasikan Jamkesda dalam program JKN.

“Ini tak akan terwujud tanpa kebersamaan berbagai pihak, berkat upaya bersama BPJS, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan pihak terkait lainnya,” tuturnya.

Baca juga :  Anggota DPR-RI Fraksi PAN Slamet Ariadi Gelar Bimtek Teknis Pembiayaan Usaha Kelautan Dan Perikanan

“Berkat adanya program UHC, masyarakat Sampang saat ini tidak perlu khawatir lagi akan biaya yang besar saat jatuh sakit khususnya masyarakat yang tidak mampu yang belum memiliki jaminan kesehatan.” selasa (14/3/2023).

Adanya program UHC di Kabupaten Sampang menurutnya sangat berdampak positif, bahkan jumlah masyarakat yang datang ke pelayanan kesehatan meningkat pesat.

“Kabupaten Sampang yang pertama di Madura menerapkan UHC, ini upaya untuk menjamin kesehatan masyarakat, yang dulunya tidak punya biaya untuk berobat, sekarang bisa berobat secara gratis,” pungkasnya. (med)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?