Tingkatkan perekonomian di Bulan Puasa, Pemkab Sampang Buka Bazar kuliner dan Takjil

Pemkab sampang saat melakukan kunjungan ke salah satu penjual di sebelah barat Alun-Alun

Kabar-harian.com, Sampang – Demi meningkatkan perekonomian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang buka kegiatan bazar kuliner dan takjil di sebelah barat Alun-Alun Trunojoyo Sampang, Kamis (23/3/2023).

Dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah H. Yuliadi Setiyawan membuka la langsung, “Sampang Festival Ramadhan,” di hari pertama puasa.

Hendriyanto ketua pelaksana menyampaikan bahwa Sampang Festival Ramadhan merupakan kegiatan kolaborasi dari beberapa unsur, demi meningkatkan perekonomian masyarakat utamanya di bulan puasa ini.

“Sampang Festival Ramadhan sukses terselenggara hasil kolaborasi Jawa Pos Radar Madura, Sampang Kreatif, Paguyuban PKL Sang Engon dan Santap Buana Abadi termasuk OPD terkait,” ujarnya.

“Kami berusaha melakukan pendampingan kepara PKL untuk mengikuti jaman digital, bagi masyarakat yang lupa tidak membawa dompet juga bisa melakukan pembayaran non tunai melalui akun QRIS,” ungkapnya.

Baca juga :  Disperta Sampang Dukung Para Petani Menggunakan Pupuk Organik

Pihaknya juga menyampaikan bahwa di lokasi tersebut juga telah disiapkan Panggung Kreasi untuk menarik para pengunjung datang ke lokasi Sampang Ramadhan Festival.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiyawan mengapresiasi gelaran Sampang Ramadhan Festival dengan menyajikan aneka pilihan kuliner dan takjil.

“Saya sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pihak yang bekerja sama dalam penyelenggaraan Sampang Ramadhan Festival khususnya Jawa Pos Radar Madura, Sampang Kreatif, Paguyuban PKL Sang Engon dan Santap Buana Abadi,” ujarnya.

Pihaknya mendukung kegiatan seperti halnya Sampang Ramadhan Festival yang merupakan pemberdayaan terhadap usaha mikro kecil menengah sehingga masyarakat yang memiliki usaha di bidang makanan dan minuman dapat terbantu.

Baca juga :  Kini Nelayan di Sampang Kembali Tersenyum, Karena Pendapatan Melautnya Mengalami Peningkatan

“Momentum Bulan Ramadhan dapat menjadi salah satu saluran yang potensial untuk menggairahkan jiwa kewirausahaan masyarakat, mereka perlu difasilitasi agar tetap eksis,” ucapnya.

Perlu disadari juga bahwa setiap Bulan Ramadhan, tingkat konsumsi masyarakat justru menunjukkan tren yang meningkat khususnya untuk konsumsi makanan hidangan berbuka dan sahur.

“Momen ini merupakan peluang yang bisa kita manfaatkan dengan mendorong sektor UMKM lebih gencar memasarkan produknya terlebih lokasi Festival bersebelahan dengan Alun – Alun Trunojoyo yang merupakan ikon Kabupaten Sampang,” ungkapnya.

Baca juga :  Pada Momen Dirgahayu Republik Indonesia, 229 Warga binaan diajukan Remisi

Perlu diketahui bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan hingga 16 April 2023 atau 25 Ramadan 1444 Hijiriah juga sebagai bentuk wujud antusiasme untuk menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan.

Adapun peserta yang terlibat sebanyak 70 PKL dan ditambah 64 orang PKL yang rutin berjualan di Jalan Wijaya Kusuma sehingga total keseluruhan 134 PKL yang terlibat.

Uniknya, para PKL yang telah terdaftar sebagai peserta dibekali akun QRIS sehingga menerima pembayaran non tunai, Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?