Bisnis  

Blangko E-KTP Menipis, Dukcapil Sampang Alihkan ke KTP Digital

Plt Kepala Dispendukcapil Sampang Nur Alam (dok: Abdul Hamid kabar-harian.com)

Kabar-harian.com, Sampang – Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) Kabupaten Sampang mulai menerbitkan KTP digital dilakukan untuk menyiasati menipisnya stok blangko e-KTP. Rabu (17/6/2013).

Plt Kepala Dispendukcapil Sampang Nor Alam saat dikonfirmasi Kabar-harian.com pihaknya mengatakan, dari awal bulan Mei memang Stok blangko KTP sudah menipis.

“Blangko KTP saat ini sudah menipis sejak awal Mei kemaren,” tutur Nor Alam.

Tak hanya itu, Nur Alam meyebutkan penertiban KTP digital yang awalnya diberlakukan untuk ASN di Kabupaten Sampang, kemudian dialihkan ke Masyarakat Umum.

Baca juga :  Upaya Tingkatkan pelayanan, RSMZ Sampang, Gelar Forum Public Shearing

“Sementara sisa blangko e-KTP yang ada di Kabupaten Sampang, kita agar hanya melayani pendaftaran baru yang belum pernah memiliki KTP, Nah yang sudah pernah punya KTP atau misalnya ada perubahan data atau hilang atau rusak, itu diarahkan untuk didaftarkan ke digital KTP,” tambahnya.

Selanjutnya jika dalam penertiban KTP digital masyarakat bisa mendaftar secara mandiri melalui aplikasi. Proses pendaftaran kemudian diverifikasi secara virtual.

Baca juga :  Menjelang Hari Natal Dan Tahun Baru 2020 Harga Telur ayam Mulai turun

“Nanti verifikasi data dilakukan secara virtual melalui Zoom, karena proses aktivasi hanya bisa dilakukan melalui komputer di kantor Disdukcapil atau langsung ke bagian Pengelolaan informasi administrasi kependudukan (PIAK),” terang Nur Alam sapaan akrabnya.

Pelu diketahui bahwa KTP digital ini akan memiliki fungsi yang sama sebagai tanda identitas, pungkasnya. (med)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?