Info  

Kini Nelayan di Sampang Kembali Tersenyum, Karena Pendapatan Melautnya Mengalami Peningkatan

Para nelayan di Desa Noreh, Kecamatan Sreseh, saat bersiap untuk pergi melaut

Kabar-harian.com, Sampang – Dua bulan terakhir ini Akhirnya para nelayan di kabupaten sampang kembali tersenyum, lantaran Pendapatan nelayan saat menjaring ikan di laut mengalami peningkatan yang sangat drastis, S (6/6/2023).

Sekertaris Kelompok Nelayan Desa Noreh, Kecamatan Sreseh, Sampang Soleh Mukarrom mengatakan, bahwa di saat menjelang kemarau merupakan musim ikan Kembung yang proteinnya setara dengan Salmon.

Baca juga :  Pemkab Sampang Gelar MTQ Ke-30, yang diawali dengan Pawai Ta'aruf

Untuk mendapatkan ikan berukuran kecil itu nelayan harus menggunakan jaring di kedalaman laut 10-50 meter.

“Dua Bulan terakhir adalah musimnya apalagi cuanya mendukung, jadi nelayan di Sampang memperoleh jumlah yang besar,” ujarnya.

Dengan pendapatan hasil ikan yang tinggi, Soleh Mukarrom mengaku hasil penjualan ikan kembung jatuh di angka Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

Baca juga :  Satu-Satunya di Madura, RSUD dr. Muhammad Zyn Sampang, Launching MRI Berteknologi Tinggi

“Untuk tahun sebelumnya (2022), hasil jual jauh dibawah Rp 1 juta,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sampang, Wahyu Prihartono menyampaikan, memang hasil tangkapan nelayan tahun ini beranjak naik. (med)

Berdasarkan data yang disampaikan tim statistik perikanan tahun ini, peningkatan terjadi di periode Januari sampai April 2023.

Dengan rincian kenaikan di Januari sebanyak 971,6 ton, Februari 1.085 ton, Maret 1.265,6 ton, kemudian April 1.316,2 ton.

Baca juga :  Mahasiswa MBKM KKN-T Prodi Agribisnis UTM Berkolaborasi Bersama Pihak BPP dengan Mengadakan Kegiatan Pengaplikasian dan Penyuluhan Penggunaan Pupuk Subsidi

“Sedangkan berdasarkan tren data tahun kemarin selama kemarau akan sedikit mengalami peningkatan dan mengalami penurunan saat penghujan,” pungkasnya.

Kabar Harian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?