Ini Dia Capaian Bupati Sampang Selama 5 Tahun 

Capaian bupati Sampang selama 5 Tahun

Sampang, Kabar-harian.com–  Berakhir sudah jabatan Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi Memimpin Pemerintah Kabupaten Sampang, periode 2019 – 2024.

Niat Tulus Aba Idi panggilan akrab H. Slamet Junaidi sebagai Bupati Sampang Membangun Kabupaten Sampang Penuh Kecintaan dan Niat Ibadah Terbukti dengan puluhan Prestasi dan Perubahan pembangunan yang ada.

Di dampingi Istrinya, Hj. Mimin Haryati, Aba Idi Pamit secara terbuka kepada Masyarakat Sampang di Alun-alun Trunojoyo Bupati Sampang, Minggu (29/1/2024).

Tak hayal, baru-baru ini, Aba Idi ramai disebut sebagai Bupati Visioner Sejuta Pencapaian.

Mengubah meansed atau pola pikir hingga menjadikan Kabupaten Sampang yang awalnya di nilai Konsumtif, kini menjadi Kabupaten Produktif.

Sebagai etika seremonial dan ungkapan berat hati, mengaku khawatir Kabupaten Sampang akan dipimpin orang rakus dengan kepentingan pribadi dan kelompoknya.

menggelar kegiatan “Aba Idi Pamit” dengan suasana penuh haru di Alun – Alun Trunojoyo, Aba Idi di dampingi istri mengungkapkan permintaan maaf kepada seluruh Masyarakat Sampang, atas kekurangan dan kesalahan disengaja maupun tidak disengaja kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Masyarakat Sampang.

Kegiatan tersebut digelar sebagai momentum berpamitan Bupati Sampang bersama Ketua TP PKK yang telah memimpin selama lima tahun.

Baca juga :  MADURA  Social Force,Why Not???

Angka kemiskinan ekstrem di era kepemimpinan Aba Idi turun signifikan, meski sempat berada di atas rata-rata Provinsi dan Nasional pada tahun 2020 dengan angka sebesar 7,35% kemudian di tahun 2021 sebesar 4,01% dan di tahun 2022  di sebesar 1,78%.

Upaya pemerataan ekonomi juga dilakukan di wilayah Pantura dan Selatan melalui Pantura Agrowisata Sampang dan Wisata Terintegrasi Wilayah Selatan yang didukung dengan infrastruktur memadai.

Di sektor pendidikan, Aba Idi menyediakan program beasiswa pendidikan yang telah dirasakan 172 mahasiswa asal Kabupaten Sampang.

Selama lima tahun juga dilakukan pembekalan keterampilan dan keahlian yang telah dirasakan oleh 954 orang untuk mempersiapkan mereka menjadi SDM handal Kabupaten Sampang.

Berkat kepedulian Aba Idi, seluruh lapisan masyarakat Sampang juga bisa merasakan pengobatan gratis melalui program UHC.

Selain itu, penurunan angka stunting dalam kepemimpinannya sangat tinggi terbukti di tahun 2018 sebesar 47.9% kemudian di tahun 2019 turun menjadi 34.39% dan di tahun 2021 turun menjadi 17.2% dan di tahun 2022 turun drastis di angka 6.9%.

Baca juga :  Laporkan Temuan Pelanggaran Pilpres 2024, Relawan AMIN Ancam Demo BAWASLU

Di sektor kesehatan, kepedulian Aba Idi juga diwujudkan dengan upaya melakukan Relokasi RSUD untuk menjadi Rumah Sakit Rujukan Madura dan peningkatan status Puskesmas dan Rumah Sakit menjadi BLUD.

Dengan berstatus BLUD, Rumah Sakit dan Puskesmas memiliki kewenangan yang lebih luas dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran sehingga perencanaannya dapat lebih tepat sasaran, termasuk dalam menjamin kesejahteraan tenaga kesehatan.

Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Aba Idi melakukan program  pemberian insentif kepada 6000 Guru ngaji, 1.898 Guru PAUD non ASN, 1.311 GTT, 316 Penjaga Sekolah, dan 200 Marbot Masjid serta memberikan alat bantu terhadap penyandang disabilitas.

Di sektor tata kelola pemerintahan, berkat kerja keras Aba Idi dan segenap jajaran Pemerintah Daerah dapat meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama lima tahun berturut-turut.

Selain itu, Sampang juga dipilih sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota yang layak menerapkan smart city, bahkan hasil evaluasi Sistem Pemebrintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menunjukkan yang tertinggi di Madura dengan indeks sebesar 3,57 sangat baik.

Aba Idi juga berhasil meningkatkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan mewajibkan mereka untuk berinovasi setiap tahunnya sehingga mendapatkan penghargaan IGA Award.

Baca juga :  Warga Sampang Tewas Setelah Di Sambar Petir Di Sawah

Di sektor infrastruktur, Aba Idi berhasil membangun akses jalan Kabupaten yang turut menunjang pertumbuhan ekonomi, melalui betonisasi di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang sepanjang 118,046 kilometer serta jalan hotmix sepanjang 58,65 km dan 32 jembatan.

Tak hanya itu, banyak pembangunan infrastruktur yang juga dilakukan seperti Jalan Lingkar Selatan (JLS), pembangunan Alun – Alun Trunojoyo, Sampang Sport Center, perpustakaan 4 lantai, pembangunan fasilitas kesehatan dan gedung pendidikan serta pembebasan lahan Jalan Lintas Selatan Madura (JLSM).

Aba Idi juga berhasil menuntaskan konflik sosial Sunni – Syiah yang sempat mengungsi 11 tahun di Jemundo sehingga kini kembali hidup berdampingan di kampung halaman.

Berkat Aba Idi, ada sebanyak 30.000 anak yatim yang disantuni selama lima tahun sehingga program Pemerintah Daerah manfaatnya betul – betul dirasakan oleh mereka.

Kabar Harian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?