Info  

Songkok Tinggi Menjadi Ciri Khas Orang Madura.

Songkok panjang yang menjadi ciri khas orang madura

Kabar-harian.com, Sampang – Setiap kalangan atau wilayah pasti memiliki ciri khas salah satunya adalah songkok tinggi mm erupakan ciri khas orang madura.

Salah satu Pondok Pesantren (PP) Darul Aitam Karangbistah, Desa Tlambah, Kecamatan Karang penang, Kabupaten sampang, terus melakukan inovasi terkait produksi songkok. Yaitu, dengan memproduksi songkok tinggi yang menjadi ciri khas orang Madura.

Owner Songkok Tinggi PP Darul Aitam Karangbistah, Habibullah Salim menyatakan, bahwa songkok tinggi itu identik dengan orang Madura. Dan dengan berkembangnya zaman, orang Madura yang ada di perantauan memakai songkok tinggi.

Baca juga :  Ungkapan Petani Padi di Camplong

“Sehingga menjadi ciri khas milik orang Madura. Dan ini manjadi PR bagi perantauan untuk mengenalkan songkok tinggi ke daerah lain,” terangnya. Sabtu (9/3/2024).

Songkok tinggi saat ini bagi orang Madura sudah menjadi tren tersendiri. Selain itu juga menjadi kebanggaan jika disandingkan dengan baju kedaerahan seperti pesa’.

Bahkan, dari banyaknya minat masyarakat terhadap songkok tinggi, setiap hari produksi hingga mencapai 80 songkok dengan tinggi 30 dari berbagai nomer, mulai dari nomer 5-9.

Baca juga :  Muslim Harus Tahu! Inilah 7 Syarat Puasa Wajib

“Orang Madura yang ada di perantauan diharapkan memperkenalkan songkok tinggi supaya lebih dikenal baik nasional dan internasional,” harapnya.

Dijelaskan, bahwa saat ini di Sampang sudah dibentuk pusat komunitas songkok tinggi dengan harapan bisa menjadi wadah dalam pergerakan songkok tersebut. “Juga ke depannya bisa diwujudkan kegiatan perlombaan khususnya di Kabupaten Sampang,” pungkasnya. (med)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?