Tunjang Minat Baca, Dispusip Sampang Harap Sinergitas Semua Lembaga Pendidikan

Pengunjung perpustakaan sampang

SAMPANG, Kabar-harian.com – Minat baca warga masyarakat Sampang terbilang cukup meningkat dibanding tahun sebelumnya. Buktinya,  tiga bulan terakhir pengunjung mencapai 9.806. Sedangkan peminjaman buku sebanyak 1.501 dari 426 orang pengunjung.

Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispusip) Sampang Suhartini Kaptiani menyatakan, bahwa saat ini jumlah anggota pengunjung aktif sebanyak 221. Sedangkan anggota pengunjung tetap tahun 2023 laki-laki sebayak 3.525 dan perempuan 7.286. Total keseluruhan sebanyak 10.811 anggota pengunjung tetap.

Sedangkan pada triwulan pertama, bulan Januari, February dan Maret laki-laki sebanyak 3.626 dan perempuan sebanyak 7.406 anggota. Jadi total sebanyak 11.032 anggota pengunjung.

Baca juga :  Angin Puting Beliung Terjang Sumenep, Sejumlah Rumah Warga Rusak Parah

Menurut Suhartini, dari jumlah tersebut dipastikan pengunjung mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Sehingga pihaknya berharap bisa berkembang dan terus ditingkatkan.

Suhartini juga berharap adanya sinergitas dari segala pihak, baik Disdik, lembaga pendidikan, DPRD dan Ormas juga peduli terhadap sumber daya manusia (SDM) di Kota Bahari.

Dia memaparkan, bahwa dengan senang membaca, khususnya bagi pelajar dan pemuda Sampang akan banyak manfaatnya. Diantaranya menjaga kualitas SDM dan kecerdasan hingga pola pikir atau Mindset-nya dalam menghadapi era digitalisasi serta kerasnya persaingan ekonomi di masa depan.

Baca juga :  KPU Sampang Laksanakan Rakor Pemutakhiran DPB Triwulan II 2022

“Terobosan untuk meningkatkan pengunjung atau minat baca di Perpustakaan daerah Sampang perlu memberikan berbagai fasilitas yang lengkap, utamanya untuk kenyamanan,” jelasnya, Rabu (8/5/2024).

Misalnya, tambah dia, fasilitas berupa WiFi, Computers, air mineral hingga kertas gratis. Dan tidak kalah penting, yaitu ribuan macam referensi buku berbagai kepentingan segala usia.

“koleksi Perpustakaan di 3 bulan terakhir sebanyak, 46.304 dengan jumlah judul sebanyak 13.923 judul buku,” pungkasnya. (med)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Punya berita?